Cara Membuat CV Yang Baik Dan Benar

Cara Membuat CV yang baik dan benar kali akan saya sajikan untuk anda lagi di mana sebelumnya sudah saya posting juga mengenai Cara Membuat CV namun belum lengkap dan komplit. Nah CV ato Curiculum Vitae atau yang di kenal daftar riwayat hidup ini biasanya di gunakan sebagai lampiran dalam melamar pekerjaan.

CV ini juga dapat mewakili anda mulai dari indentitas pribadi, karir sekolah hingga pengalaman pekerjaan yang dapat di jadikan refernsi anda dalam melamar pekerjaan. Tentunya dalam membuat CV harus di perhatikan hal-hal agar isinya dapat meyakinkan pembacanya dan menambah nilai plus bagi anda dalam melamar pekerjaan.

Berikut ini cara membuat CV yang baik baik dan benar perlu memperhatikan hal-hal di bawah ini :

A. Urutan Penulisan Curriculum Vitae (Resume, Daftar Riwayat Hidup)
1. Identitas (Data Pribadi)
Cantumkan Nama Lengkap, Jenis Kelamin, Tempat dan Tanggal Lahir, Kewarganegaraan, Agama, Status Perkawinan, Tinggi dan Berat Badan, Alamat Lengkap, Telepon & HP, serta e-mail

2. Pendidikan
Cantumkan pendidikan formal dan pelatihan/kursus yang pernah anda ikuti; lengkap dengan tahun masuk dan tahun lulus, jurusan, jenjang studi, dan nama lembaganya. Urutannya dimulai dari pendidikan formal terlebih dulu, baru kemudian pendidikan non formal (pelatihan, kursus, dsb).

3. Kemampuan
Uraikan secara singkat kemampuan anda yang relevan dengan bidang pekerjaan yang dilamar. Misalkan anda melamar kerja di bidang akuntansi, maka jelaskan secara singkat bahwa anda memahami akuntansi dan administrasi, sistem perpajakan, biasa bekerja menggunakan komputer, dsb-nya. Tentu saja kemampuan-kemampuan yang anda tulis/cantumkan tersebut harus benar-benar anda miliki. Jangan mencantumkan kemampuan yang tidak anda miliki.

4. Pengalaman kerja
Cantumkan deskripsi singkat tentang pekerjaan anda pada perusahaan sebelumnya, lengkap dengan pangkat, jabatannya, jenis pekerjaan, prestasi (bila ada), tanggung jawab dan wewenang pekerjaan. Serta periode kerja, yaitu bulan dan tahun mulai menempati dan mengakhiri posisi tersebut.Urutannya dimulai dari pekerjaan (atau jabatan atau posisi) terakhir.

5. Pengalaman Organisasi (bila ada)
Cantumkan pengalaman organisasi yang relevan (sesuai atau berhubungan) dengan jenis pekerjaan yang anda lamar tersebut. Bila tidak ada yang relevan, lewati saja nomor 5 ini.

6. Referensi Kerja (bila ada)
Bila memungkinkan, cantumkan referensi, yaitu orang yang bisa dihubungi oleh pihak penyeleksi lamaran kerja untuk menanyakan hal-hal penting seputar diri anda (biasanya nama atasan dimana anda bekerja sebelumnya).

7. Pengalaman lain yang menunjang (bila ada)
Cantumkan pengalaman lain yang menunjang "promosi anda". Dan sebaiknya yang relevan dengan jenis pekerjaan yang anda lamar tersebut. Jika anda melamar untuk posisi pemrogram komputer, maka pengalaman anda sebagai Ketua RW atau juara bulutangkis, tentunya tidak relevan. Jadi bila tidak ada yang relevan, lewati saja nomor 7 ini.

B. Kertas, Huruf, Foto, Dokumen Pendukung
1. Gunakan kertas putih polos
CV hendaknya polos tidak menggunakan background image (dasar bergambar). Sebaiknya jangan menggunakan form CV yang dijual di toko-toko.

2. Diketik dengan huruf standar surat resmi
CV jangan ditulis tangan, namun diketik. Gunakan huruf dengan ukuran dan jenis standar (warna hitam), contohnya font jenis Arial atau Times New Roman.

3. Foto terbaru
Lampirkan pas foto terbaru ukuran 3x4 atau 4x6. Sebaiknya gunakan pas foto berwarna, dan berpakaian resmi (misalkan jas lengkap dengan dasi).

4. Dokumen pendukung
Lampirkan dokumen atau bukti-bukti tentang hal-hal yang dituliskan dalam CV (resume), seperti ijazah, transkrip nilai, sertifikat atau penghargaan, dsb (dokumen pendukung tersebut dalam bentuk photocopy).
Agar dokumen pendukung yang dilampirkan tidak terlalu banyak, sebaiknya anda menyeleksi/menyortir dokumen mana yang paling penting dan relevan untuk dilampirkan.

Berikut ini sedikit contoh CV yang dapat sajikan untuk anda :

DAFTAR RIWAYAT HIDUP


Nama : bolgger Simo
Tempat, Tanggal Lahir :Simo, 06 Nopember 1982
Jenis Kelamin : Perempuan
Agama :Islam
Kewarganegaraan : Indonesia
Alamat : Jl. Senopati 29 Simo
Telephon : 0276-7665239 (rumah)
0276-5249972 (kantor)
0812-590590 (HP)

Latarbelakang Pendidikan
Pendidikan Formal
1985-1991 : SD N 1 Simo
1991 – 1994 : SMP 1 Simo
1994 – 1997 : SMA 1 Simo
1997 – 2001 : Sekolah Tinggi Adminisatrasi Negara Simo

Pendidikan Non Formal
1994 – 1996 : Kursus Komputer di Bina Informatika Nusantara, Simo
1996 – 1997 : Kursus Bahasa Inggris di Berlitz English, Simo
2003 – 2003 : Kursus Pajak (Brevet A & B)

Kemampuan
* Kemampuan Akuntansi dan Administrasi (Accounting & Administration Skills) Journal printing & Calculation, Ledger, Project Data Updating, Teller, Salary Calculation, Petty Cash Payroll & Calculation, Inventory Controls)
* Kemampuan Komputer (MS Word, MS Excel, MS PowerPoint, MS Access, MS Outlook dan Internet)
* Sistem Perpajakan

Pengalaman Kerja
* Praktek Kerja Lapangan:
Praktek Kerja di PT. ARJUNA CARGO, Solo
Periode : April 1997 - June 1997
Tujuan : Persyaratan kelulusan SMA 1 Simo
Posisi : Operator Administrasi

Rincian Pekerjaan:
- Mengupdate data konsumen
- Mengatur jadwal pertemuan dengan konsumen
- Menyiapkan surat-surat pernawaran untuk konsumen
- Menyiapkan tagihan

* Bekerja di PT. SAMUDRA SEDAYA CARGO, Solo
Periode : Januari 2002 - Mei 2005
Status : Karyawan Tetap
Posisi : Staf bagian Finance

Rincian pekerjaan :
- Mengelola kas kecil
- Melakukan surat menyurat bisnis
- Mengontrol persediaan peralatan kantor
- Menerbitkan dan menerima faktur dari pemasok
- Penggajian (payroll)

Itulah artikel Cara Membuat CV yang baik dan benar, semoga bermanfaat untuk anda semua, anda juga dapat meliat Contoh Surat Lamaran Kerja dan Contoh Surat Pengunduran Diri sebagai pelengkap dalam melamar pekerjaan.

Post a Comment