NUPTK | Cara Melihat Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan

NUPTK merupakan singkatan dari Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang merupakan nomor identitas yang bersifat nasional untuk seluruh PTK (Pendidik dan Tenaga Kependidikan). Di mana NUPTK terdiri dari 16 angka yang bersifat tetap karena NUPTK yang dimiliki seorang PTK tidak akan berubah meskipun yang bersangkutan telah berpindah tempat mengajar atau terjadi perubahan data periwayatan.

NUPTK diberikan kepada seluruh PTK baik PNS maupun Non-PNS sebagai Nomor Identitas yang resmi untuk keperluan identifikasi dalam berbagai pelaksanaan program dan kegiatan yang berkaitan dengna pendidikan dalam rangka peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan.

Nah kali ini saya akan berbagi sedikit cara meliat Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan :

1. Penelusuran NUPTK nuptk.kemdikbud.go.id
2. Penelusuran data PTK dapat dilakukan dengan 3 metode : berdasarkan tempat tugas/instansi mengajar PTK, berdasarkan nama [depan] PTK atau berdasarkan NUPTK. Tampilan data berupa data PTK satu sekolah. Selain itu, nama sekolah yang ditampilkan dilengkapi NSS, NPSN, Jumlah PTK, Jumlah dan rombel siswa.

Cara Melihat NUPTK :
1. Untuk masuk klik di sini atau di sini
2. Pilih provinsi
3. Pilih Kab atau Kota
4. Pilih jenis instansi (Formal, Nonformal, Pengawas)
5. Pilih jenjang sekolah
6. Ketik Nama Sekolah (Bisa di kosongkan, namun bila nama sekolah tidak diisi maka hasil pencarian akan tampil berupa data nama jenjang sekolah satu Kab/Kota)
7. Klik "Cari"
NUPTK
Itulah tadi artikel NUPTK dan cara melihatnya, semoga bermanfaat bagi bapak maupun ibu guru Peserta UKG Onine 2012 serta mengikuti Uji Kompetensi Guru Online 2012 di harapkan berlajar dan semoga sukses

Post a Comment